Kategori
bahasa contoh

Contoh Cerpen : Kejujuran Membuat Kesadaran

Oke, Kali ini saya ingin membagikan cerita pendek karangan saya sewaktu masih SMP yang berjudul Kejujuran Membuat Kesadaran. Menarik untuk membaca cerpen yang kita buat terdahulu untuk mengingat masa lalu, hhe.
Pada suatu hari ada seorang anak yang berusia 7 tahun,dia bernama Syafii, dia disuruh pergi menuntut ilmu ke sekolah oleh ibunya,sebelum berangkat kesekolah syafii diberi uang jajan dan syafii mempunyai akal yang cerdik uang itu disimpan di ketiak bajunya supaya uang itu aman dalam perjalanan,apabila bertemu orang jahat agar uangnya tidak di ambil.

Syafii berangkat dari rumah bersama pamannya,paman syafii adalah pedagang di kota.Dalam perjalanan rombongan paman syafii dihadang oleh sekawanan penjahat semua barang dagangan dirampas tetapi uang syafii aman rupanya penjahat itu tidak tahu syafii punya uang tanpa disangka syafii berkata :

“Tuan tuan mengapa uangku tidak diminta?”
“Apa kamu punya uang???” bentak penjahat
“Ya saya punya uang”

Jawab syafii sambil menunjukkan uangnya.

[ads-post]

Salah satu penjahat memeriksa lalu berkata :
“betul anak kecil itu memiliki uang banyak boss!!!”  

“Hahahhahahahahahahahahahahahahahahhahahaha…”

Tetapi peristiwa itu mengetuk hati pimpinan penjahat. “Tunggu mengapa kau menunjukkan uangmu? padahal kami tidak tahu” kata pimpinan penjahat. “ tuan tuan saya berangkat untuk menuntut ilmu, pesan ibuku tidak boleh berbohong kepada siapa pun termasuk tuan tuan” jawab syafii dengan tenang.

Mendengar jawaban anak kecil itu pimpinan penjahat menjadi gemetar anak sekecil itu berani berkata jujur mengapa orang tua tidak? kemudian seluruh barang rampasan dikembalikan penjahat itu pergi meninggalkan tempat sejak itu sekawanan penjahat tersebut bertobat dan menjadi orang baik baik.

Demikianlah cerita yang singkat, jelas dan padat ini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *