Software Video Editor Gratis untuk PC

Posted by

Editing video sudah menjadi hal umum dan kebutuhan bagi masyarakat dunia maya. Apalagi dengan hadirnya layanan upload video di berbagai situs jejaring sosial. Hal ini menjadikan editing video semakin digemari oleh masyarakat.

Sebelumnya saya pernah menulis mengenai software editing video terbaik untuk PC yang ada saat ini. Namun rata-rata software disebut memiliki harga yang relatif mahal dan tidak terjangkau bagi para pemula yang masih belajar.

Software Video Editor Gratis untuk PC

Berikut ini saya mencoba memberikan alternatif software editing video gratis dengan fitur melimpah yang tak kalah bagus dengan software editing video profesional. Langsung saja kita bahas beberapa software editing video gratis berikut ini :

Movie Maker

Movie Maker merupakan software video editor milik Windows. Sejatinya software Movie Maker merupakan software bawaan untuk versi Windows XP. Namun versi terbaru bisa diunduh secara gratis melalui situs resmi Microsoft.

Sayangnya Microsoft tidak terlalu serius mengembangkan movie maker versi gratisan ini. Fitur editingnya pun cukup terbatas dan cukup sulit untuk mengatur editing video yang lebih detail. Namun bila untuk editing dasar seperti menambahkan judul menambahkan teks atau menambahkan lagu software ini bisa menjadi pilihan karena sangat ringan.

Lightworks

Lightworks merupakan salah satu software editing video gratis yang cukup populer. Salah satunya karena film King’s Speech dan Road to Perdition yang diedit menggunakan software ini. Lightworks memiliki fitur editing video yang cukup lengkap layaknya software editing video profesional.

Lightworks juga tidak terlalu berat, jadi cocok digunakan untuk komputer atau laptop kelas menengah. Lightworks mengklaim bahwa softwarenya dapat digunakan untuk editing video oleh setiap orang.

OpenShot

Sebagai sebuah software editing video gratis ternyata OpenShot memiliki fitur yang cukup lengkap. Misalnya saja fitur Drag-and-drop, Image and Audio Support, Curve-based Key Frame Animations, Unlimited Tracks and Layers, dan 3D Animated Tiles and Effects. Open source lebih sering digunakan untuk kebutuhan kompres video menjadi lebih kecil. Selain itu juga terdapat fitur resizing, scaling, trimming, snapping, rotation, frame stepping, time-mapping, audio mixing, dan real-time previews.

VSDC free video editor

Satu lagi software video editor dengan fitur lengkap untuk kebutuhan profesional. Sebagai pengguna pemula yang menggunakan aplikasi ini harus terbiasa dengan banyaknya efek yang dimiliki oleh software yang satu ini. Namun hal tersebut dipermudah dengan kehadiran Wizard yang akan membantu untuk menambahkan garis, text, subtitle, animasi dan berbagai hal lainnya dalam kebutuhan eating video. Hasil editan video ini juga bisa di export dalam berbagai format sesuai kebutuhan.

Shotcut

Shotcut awalnya merupakan software editing video milik Linux.  Namun karena banyaknya pengguna Windows yang merekomendasikan akhirnya software ini dirilis untuk versi Windows.  shotcut memiliki interface yang sedikit berbeda dengan software video editor pada umumnya. Jadi untuk yang baru baru pertama kali memakainya butuh waktu untuk menyesuaikan software ini.  kita bisa memilih moda editing dan terus apa saja yang akan digunakan untuk video editing.

VideoPad

Software ini merupakan software editing video yang 100% gratis. Penggunaannya dikhususkan untuk kepentingan dan komersial. Fitur yang ditinggal pun sangat lengkap dan tidak kalah dengan software video editor versi berbayar. Hasil editan video dari software ini juga bisa dikonversi dalam berbagai format video.

Demikianlah mengenai software editing video gratis yang bisa dicoba sebagai alternatif dari mahalnya software editing video profesional.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *